Manajemen Tata Usaha di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Andri Sopiansyah. 2021. “Manajemen Tata Usaha di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan bapak Gianto, M.Pd selaku pembimbing I dan bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah manajemen tata usaha yang ada di Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Samarinda. Dalam hal ini Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Samarinda secara administratif sudah berjalan dengan sesuai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan walaupun masih banyaknya kekurangan, salah satunya sumber daya manusia yang terbatas MA An-Nur Samarinda tetap bisa menerapkan manajemen administrasi dan menjalankan administrasi sehingga mampu membuat Madrasah Aliyah (MA) AnNur Samarinda meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). bagaimana Perencanaan Tata Usaha di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda, 2). Bagaimana Pengorganisasian Perencanaan Tata Usaha di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda, 3. Bagaimana pelaksanaan Perencanaan Tata Usaha di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda, 4). Pengawasan Perencanaan Tata Usaha di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data yang didapatkan dari kepala madrasah, waka kesiswaan dan kepala TU, pada penelitian ini adalah tata usaha yang ada di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda. Yang menjadi informan bagi penulis adalah kepala madrasah, kepala TU dan waka kesiswaan dengan mengumpulkan informasi menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik dari Miles dan Huberman yaitu, kosenddasi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1). Perencanaan yang telah dilakukan oleh sudah terencana dan terstruktur sesuai dengan kemampuan yang ada walaupun terdapat kendala SDM.. 2). Pengorganisasian yang ada dapat terorganisasi dengan mengikut sertakan semua stakeholder yang ada. 3). Pelakasanaan program TU sudah terlaksana, karena kepala madrasah membantu, menilai, memberikan arahan dan motivasi pegawainya. Walaupun terdapat kendala teknisi karena kurangnya SDM. 4). pengawasan dilakukan oleh Kepala Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda sudah berjalan dengan baik dilihat dari kinerja program TU, kedsiplinan dan evaluasi.