Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MIN 1 Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Nurhidayah, 2022. “Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MIN 1 Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Ibu Lina Revilla Malik, M.Si dan pembimbing II Bapak Abdul Razak, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi karena pada masa pandemic saat ini system pembelajaran berubah yang awalnya learn from home atau belajar dari rumah dialihkan menjadi pembelajaran daring atau belajar dari rumah, sehingga pemilihan media pembelajaran yang tepat pada masa pandemi covid-19 saat ini sangat mempengaruhi terhadap hasil belajar dari siswa, salah satunya dilingkungan sekolah MIN 1 Samarinda juga menerapkan pembelajaran secara online yang mana beberapa proses pembelajarannya memanfaatkan sarana pembela jaran online yang dapat diakses dimana dan kapan saja tanpa tatap muka langsung dengan menggunakan koneksi internet sehingga dapat menghemat waktu. Salah satu media yang diterapkan dalam proses pembelajaran di MIN 1 Samarinda selama pembelajaran daring yaitu media video pembelajaran yang bersumber dari Youtube yang mana saat proses pembelajaran terbatasnya proses interaksi antara guru dan peserta. Dalam hal ini tujuan dari penelitian yaitu untuk melihat pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa MIN 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi 585 responden dan Total Sampling dengan jumlah 66 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, menggunakan rumus Product Moment dan uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis menunjukkan bahwa dari uji hipotesis pada uji t ialah 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 -0,34463 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,66901, maka dapat disimpulkan bahwa Ha di tolak yang artinya dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan video pembelajaran sangat rendah terhadap hasil belajar matematika siswa MIN 1 Samarinda.