dc.description.abstract | ABSTRAK
Maudy Wahyuni Ismaun, 2022. “Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UINSI Samarinda ”. Skripsi Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norva dewi, M.Ag dan Anwaril Hamidy, M. Pd.
Minat mahasiswa berwirausaha sangat terpengaruh dari dalam diri individunya maupun lingkungannya. Mahasiswa yang mempunyai motivasi tinggi untuk berwirausaha memiliki kecendrungan lebih besar akan melakukan wirausaha. Begitupun lingkungan keluarga bagaimana dididiknya seseorang mempunyai pengaruh yang besar terhadap minat anak berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa UINSI Samarinda berwirausaha secara parsial maupun simultan
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh Mahasiswa strata 1 UINSI Samarinda sebanyak 6.025 orang. Kemudian diambil sampel sebanyak 100 orang menggunakan rumus Slovin.Teknik pengumpulan adalah kusioner dan dokumentasi. Teknik analisa data uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari hasil uji t (parsial) diketahui bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa UINSI Samarinda. Nilai signifikan pada variabel motivasi adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 6,308 > 1,985. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa UINSI Samarinda dengan nilai signifikan pada variabel lingkungan keluarga adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 3,782 > 1,985. Secara simultan menunjukkan F hitung sebesar 85,720 > 3,93 F tabel dengan signifikan 0,000 < 0,05, maka motivasi dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan dan signifikfikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa UINSI Samarinda.
Hasil nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 63,1% kontribusi dari pengaruh variabel motivasi dan lingkungan keluarga sedangkan sisanya 36,9% dipengaruhi variabel yang lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha | en_US |