dc.description.abstract | ABSTRAK
Rizma Nuria. 2022. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MA Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI)”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Anis Komariah, M.Pd selaku pembimbing II.
Guru merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan terselenggaranya proses pendidikan. Karena kedudukan guru adalah sebagai fasilitator dan pelaku utama dalam penyelenggaraan proses belajar siswa. Oleh sebab itu, dalam membantu peningkatan kinerja guru, kepemimpinan kepala madrasah sangat diharapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Ihsan Samarinda. Penelitian ini dilakukan di MA Darul Ihsan Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru serta dokumen lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dengan: 1) Pemberian motivasi semangat kerja, hal ini dilakukan dalam bentuk memberikan pujian, menciptakan suasana kerja yang kondusif, memberikan saran yang membangun semangat kerja para guru, 2) Kegiatan kunjungan kelas, dalam hal ini kepala madrasah memberikan masukan kepada guru jika mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran, 3) Pemberian reward (penghargaan), reward diberikan dalam bentuk finansial da nonfinansial, 4) Meningkatkan profesionalisme guru, kepala madrasah mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP, pendidikan dan pelatihan, dan memberikan fasilitas untuk menunjang kegiatan pembelajaran, 5) Pembinaan disipilin, kepala madrasah dalam melakukan pembinaan disiplin guru disertai dengan pemberian sanksi berdasarkan jenis pelanggaran, 6) Sikap maupun perilaku teladan, hal ini ditunjukkan dengan datang tepat waktu, berpakaian sesuai aturan, berkomunikasi dengan sopan, dan menjaga kebersihan, dan 7) Komunikasi secara terbuka, kepala madrasah memberikan penekanan kepada para guru untuk terbuka dalam setiap permasalahan yang dihadapi. | en_US |