Implementasi Penggunaan bukuTulis Halus Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Alfabet Tegak bersambung di siswa Kelas III MI Ad- Daud Bukuan Tahun Ajaran 2021-2022
Abstract
ABSTRAK
Ratna Kesuma,2022 (NIM 15.1130.6052) “Implementasi Penggunaan buku Tulis Halus Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Alfabet Tegak bersambung di siswa Kelas III MI Ad- Daud Bukuan Tahun Ajaran 2021-2022”. Jurusan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI selaku pembimbing I dan Ibu Juhairiah M.Pd selaku pembimbing II.
Latar Belakang Penelitian ini adalah pada siswa siswi Mi Ad Daud Bukuan Kec.Palaran dalam menulis tegak bersambung tidak mengetahui komponen-komponen huruf yang terdapat dalam menulis huruf tegak bersambung, tidak ada kerapian ketika menulis huruf tegak bersambung dan Implementasi Penggunaan buku Tulis Halus Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak bersambung di siswa Kelas III MI Ad- Daud Bukuan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Penggunaan buku Tulis Halus Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak bersambung di siswa Kelas III MI Ad- Daud Bukuan Tahun Ajaran 2021-2022.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ad- Daud Bukuan.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, observasi,dan wawancara.Studi dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian tersebut benar-benar dilaksanakan.pelaksanaan proses pembelajaran menulis tegak bersambung melalui buku tulis halus. Catatan lapangan digunakan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang terjadi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis tegak bersambung siswa. Teknik analisis data yang digunakan kondiasasi data, display data, dan penarikan simpulan. Untuk menguji keabshan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi penggunaan buku tulis halus dalam meningkatkan keterampian belajar menulis tegak bersambung dengan buku tulis halus anak -anak murid kelas III menjadi lebih rapi, setara ukuran huruf antara satu sama lain, dan anak didik lebih konsentrasi saat menulis.