Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Olahan Ikan Gabus Pada Masyarakat Muslim di Desa Melintang Kecamatan Muara Wis Kabupatenn Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Nita, 2022. “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Olahan Ikan Gabus Pada Masyarakat Muslim di Desa Melintang Kecamatan Muara Wis Kabupatenn Kutai Kartanegara”. Skripsi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri. Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M. Hum dan Anwaril Hamidy M.Pd.
Pemberdayaan ekonomi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada pada suatu wilayah salah satunya produk hasil olahan masyarakat. Keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan di mana konsumen benar-benar membeli. Salah satu upaya meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap hasil olahan adalah dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi dan meningkatkannya, yaitu inovasi produk. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah inovasi produk berpengaruh signifikan dan seberapa besar pengaruh inovasi produk terhadap terhadap keputusan pembelian olahan Ikan Gabus di Desa Melintang Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Melintang Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebanyak 1804 orang. Menggunakan rumus Slovin, diperoleh ukuran sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunanakan yaitu kuesioner (angket) dengan skala likert. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simpel Random Sampling. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana, yaitu uji t dan koefisien determinasi (𝑅2) dengan alat bantu pengolahan data SPSS versi 21.
Hasil penelitian dari uji t menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian olahan Ikan Gabus di Desa Melintang Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini berdasarkan nilai sig sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 adalah sebesar 4,952 lebih dari nilai 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yakni 1,984. Hasil dari uji koefisien determinasi (𝑅2) pada table R Square sebesar 0,200 menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh sebesar 20% terhadap variabel dependen. Oleh sebab itu semakin inovatif seorang produsen maka semakin meningkat minat konsumen untuk melakukan pembelian terhadap olahan Ikan Gabus yang dibuat.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Inovasi Produk