Pengaruh Penggunaan Media Card Short Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Henny Handayani, 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CARD SHORT Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Ahmad Riyadi, S.S., M.Hum selaku pembimbing I dan Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD-IT Cordova Samarinda masih rendah. Hal ini disebabkan masih ada beberapa anak yang mendapatkan nilai hasil belajar IPS rendah atau dibawah KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terlihat ketika beberapa siswa mulai tidak memperhatikan pelajaran dengan baik, kemudian ada beberapa siswa lain yang mengobrol dengan teman sebangkunya sehingga dibutuhkan media pem belajaran oleh guru untuk membuat siswa kembali semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran salah satu media pembelajaran tersebut ialah media card short. Penerapan media card short ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga perlu diterapkan dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media card short terhadap hasil belajar IPS materi peta siswa kelas V SD-IT Cordova Samarinda. . Penelitian ini adalah merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil objek penelitian di SD-IT Cordova Samarinda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa yang ada di kelas V SD-IT Cordova Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Adapaun teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas,dan product moment.
Berdasarkan hasil penelitian melalui perhitungan korelasi product moment dengan nilai signifikasi 0,05 dengan nilai koefisien 0,376 interval koefisien korelasi nilai yang diperoleh berada rentang antara 0,20-0,399 yang bearti “rendah”. Kemudian pembuktian yang dilanjutkan uji t secara manual apabila dilihat dari dalam tabel t pada taraf kebenaran 5% dan tingkat derajat kebebasan (dk) n-2 = 96-2=94 bahwa distribusi = 1,661 sedang = 3,934 dari hasil perhitungan tersebut ternyata lebih besar dari atau 3,934 > 1,661. Melalui perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang peneliti ajukan diterima, yaitu terdapat pengaruh media card short terhadap hasil belajar ips SD-IT Cordova Samarinda. Sedangkan penelitian pengaruh media card short terhadap hasil belajar yaitu 14,14% dan sisanya 82% ditentukan oleh faktor yang lain.