Show simple item record

dc.contributor.authorPratama, Rizky Novariadi
dc.date.accessioned2022-07-20T03:09:05Z
dc.date.available2022-07-20T03:09:05Z
dc.date.issued2022-04-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1484
dc.description.abstractABSTRAK Rizky Novariadi Pratama, 2022. “Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 009 Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Ananiah, M.M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Arsinah, M.Pd selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah tentang peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah. SDN 009 Samarinda Ulu memiliki kualitas mutu pendidikan yang baik dengan memperoleh akreditasi A, menerima penghargaan sebagai sekolah adiwiyata, serta siswa siswinya yang berprestasi baik dari segi akademik maupun non akademik, yang menjadi daya tarik para orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut saat masa penerimaan peserta didik baru bahkan hampir 50% ditolak karena sudah penuh. Hal ini tentu tidak terlepas dari pengaruh seorang kepala sekolah sebagai seorang supervisor, sehingga mutu sekolah tersebut terus meningkat. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 009 Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 009 Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah dan guru SDN 009 Samarinda Ulu. Sumber data sekunder yaitu dokumen seperti profil sekolah, juknis. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. menggunakan data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications pada analisis data. Menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode pada uji keabsahan data. Hasil penelitian Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 009 Samarinda Ulu, Indikator supervisi kepala sekolah yaitu: 1) memberikan pembinaan, 2) memberikan instruksi, 3) mengevaluasi hasil kerja, 4) memberikan motivasi, 5) mengawasi. Dan indikator kinerja guru yaitu: 1) perencanaan proses pembelajaran, 2) pelaksanaan proses pembelajaran, 3) penilaian hasil pembelajaran, 4) pengawasan proses pembelajaran. Sudah terlaksana dengan cukup baik di SDN 009 Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectSupervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guruen_US
dc.titleSupervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 009 Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record