Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Selama Pandemi COVID-19 Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 016 Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Datin Puspita Ariyani, 2022. ”Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Selama Pandemi COVID-19 Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 016 Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Arsinah Sadar, M.S.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran daring selama pandemic ini membuat siswa khususnya kelas V di SDN 016 Samarinda Ulu menjadi bosan karena pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik sehingga minat belajar siswa menjadi berkurang dan banyak tugas-tugas yang tidak di kerjakan serta dikumpulkan kepada guru. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat belajar selama pandemi covid-19 siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 016 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Keabsahan data dengan teknik triangulasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa bahwa peran guru dalam meningkatkan minat belajar selama pandemi covid-19 siswa kelas V di SDN 016 Samarinda Ulu yaitu guru sudah melaksanakan peran sebagai Pendidik, Pembimbing, Inovator, Fasilitator dan Motivator untuk meningkatkan minat belajar siswa selama pandemic COVID-19. Seperti mengubah cara mengajar daring yang menarik dengan menggunakan aplikasi seperti Youtube, Blog dan Educative Game.