Peran Orang Tua Dalam meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
ABSTRAK
Nurul Annikmah, 2022. “Peran Orang Tua Dalam meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Pada Masa Pandemi Covid-19 Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Lina Revilla Malik, M. Si dan Maulida Ulfa Hidayah, M. Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya pandemi covid-19 mengakibatkan banyak perubahan termasuk sektor pendidikan yang awalnya belajar tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring yang dilaksanakan di rumah masing-masing, sehingga orang tua saat ini mempunyai peran sebagai guru di rumah dalam membimbing anaknya selama pembelajaran daring. Oleh karena itu, orang tua berperan aktif dalam meningkatkan kemandirian belajar anaknya selama pelaksanaan pembelajaran daring berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar serta faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VI MI Sullamul Hidayah di masa pandemi covid-19.
Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sedangkan subjeknya adalah lima orang tua kelas VIA dan wali kelas VIA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber yang dilakukan kepada orang tua siswa dan wali kelas. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di MI Sullamul Hidayah yaitu fasilitator, motivator, pembimbing, pengawas, informator dan konselor, namun dalam peran organisator orang tua masih belum bisa melaksanakannya karena tidak adanya pengelolaan waktu belajar yang diberikan orang tua kepada anak. Adapun faktor pendukung adalah dengan memberikan stimulus yang baik dengan cara mengatur waktu bermain dan belajar anak, memberikan tugas kepada anak dengan melakukan Tanya jawab agar orang tua mengetahui anaknya dapat memahami materi yang telah di berikan oleh gurunya dan akan akan membantu anak meningkatkan kemandiriannya, interaksi antara anak dan orang tua yang intens membuat anak menjadi nyaman, tingkat pendidikan orang tua yang dapat mengelola waktu belajar anak serta keadaan ekonomi keluarga yang dapat memberikan fasilitas lengkap kepada anak ketika belajar di rumah membuat anak mandiri dalam belajar. Faktor penghambat dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah pekerjaan orang tua yang membuat orang tua mempunyai sedikit waktu dalam mendampingi anak ketika belajar, dan tingkat pendidikan orang tua yang dapat mengatur jadwal belajar anak agar lebih disiplin serta faktor dalam diri anak itu sendiri salah satunya tingkat kecerdasan menjadi salah satu faktor penghambat dalam kemandirian belajar.