Show simple item record

dc.contributor.authorAwalia, Nur
dc.date.accessioned2022-08-01T01:40:23Z
dc.date.available2022-08-01T01:40:23Z
dc.date.issued2022-03-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1504
dc.description.abstractABSTRAK Nur Awalia, 2022. “Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim Sangatta”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah, program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbingan oleh Bapak Dr. Moh. Mahrus, S.Ag.M.HI selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak H. Yusran, M.Ag selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berkembangnya teknologi saat ini yang menyebabkan banyaknya perubahan gaya hidup pada mahasiswa yang mana salah satunya ialah penggunaan internet yang saat ini marak digunakan sebagai sarana jual beli atau yang biasa disebut dengan online shopping atau belanja secara online tanpa interaksi secara langsung maupun tranksaksi secara langsung, hal ini menyebabkan timbulnya perilaku konsumtif pada sebagian mahasiswa yang mana mereka selalu ingin berpenampilan berbeda maupun kepribadian mereka agar dapat menyesuaikan diri dengan zaman atau kelompok tertentu. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh instagram sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim Sangatta. Juga berapa besar pengaruh instagram sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim Sangatta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAI Sangatta Kutai Timur Angkatan 2018-2020 yang berjumlah 597 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa dari prodi Ekonnomi Syariah, Ahwal Syakhsiyyah, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, yang berjumlah 86 mahasiswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t (uji hipotesis). Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji t dari nilai Thitung 12.930 > dari Ttabel 1.98896 dan nilai sig 0.000 < dari 5% maka dengan ini kedua hasil tersebut dinyatakan bahwa instagram sebagai media online shopping berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim Sangatta, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan melalui tabel model summary menunjukkan bahwa variabel online shop (X) dengan variabel perilaku konsumtif (Y) memiliki pengaruh secara signifikan. Dari angka R square (R2) sebesar 0,676 menunjukkan bahwa variabel pengaruh online shop (X) dengan variabel perilaku konsumtif (Y) memiliki pengaruh sebesar 67,6% sedangkan 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain yakni faktor eksternal dan internal. Kata Kunci: Instagram, Media Online Shop, Perilaku Konsumtif dan Mahasiswa Muslim.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectInstagram, Media Online Shop, Perilaku Konsumtif dan Mahasiswa Muslimen_US
dc.titlePengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim Sangattaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record