dc.description.abstract | ABSTRAK
Poppy Shafira Oktavia, 2022. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 002 Sambutan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Hj. Dwi Nuraini Dahlan, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Melihat adanya pandemi Covid-19 pembelajaran di SD Negeri 002 Sambutan dialihkan pembelajaran secara daring menggunakan aplikasi whatsapp, namun ditemukan kendala dalam mengajar menggunakan aplikasi tersebut khususnya pada mata pelajaran matematika yang begitu sulit jika tidak dijelaskan secara langsung/tatap muka yang membuat minat belajar siswa menurun sangat drastis. Hal ini terlihat dari perilaku siswa dalam keseharian, dimulai dengan banyaknya siswa tidak membuat tugas dan mengirimkan tugasnya dengan tepat waktu bahkan sampai tidak mengerjakan tugas sama sekali. Adapun upaya untuk meningkatkan minat siswa selama pembelajaran daring SD Negeri 002 Sambutan memanfaatkan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran karena dirasa mampu mendukung proses pembelajaran selama daring ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan aplikasi Google Classrom terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 002 Sambutan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 84 siswa yang terdiri 54 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan yaitu Kelas IV A, Kelas IV, dan IV C. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kolerasi yang melibatkan kegiatan pengumpulan data untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi produc moment, uji t, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji hipotesis pada product moment ialah 0,627 dan memiliki interpretasi nilai r yaitu kuat. Hasil uji diperoleh tthitung 7.294 >ttabel 1.664 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan aplikasi google classroom berpengaruh signifikan terhadap variabel minat belajar matematika. Sedangkan untuk sumbangan koefisien determinasi 39,4% dan 60,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya. | en_US |