Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Mata Pelajaran IPS Tema Denah Dan Peta Siswa Kelas III SDN 006 Bongan
Abstract
ABSTRAK
Yulianti Astuti, 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Mata Pelajaran IPS Tema Denah Dan Peta Siswa Kelas III SDN 006 Bongan”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra, Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Lina Revilla Malik, M.Si sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya ketidaktertarikan siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru karena ketidakjelasan penyampaian materi dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh dan tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran. Dengan demikian guru harus berupaya mengembangkan model pembelajaran yang bervariasi agar membuat siswa bisa lebih aktif dan antusias saat mengikuti pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang perlu dikembangkan yaitu model Example Non Example. Dengan penerapan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan suasana baru dalam proses belajar mengajar di SDN 006 Bongan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema denah dan peta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Example non Example Dalam Mata Pelajara IPS Tema Denah dan Peta Siswa Kelas III SDN 006 Bongan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan penelitian populasi yang berjumlah 25 siswa yang ada di kelas III SDN 006 Bongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, uji normalitas, dan dilanjutkan dengan uji t.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukan bahwa model pembelajaran Example Non Example efektif untuk pembelajaran IPS tema denah dan peta. besarnya efektivitas ini dibuktikan dengan perhitungan uji thitung diperoleh nilai sebesar -8.2654 dan diinterpretasikan dengan nilai ttabel sebesar 2.0634. maka besar nilai thitung > ttabel, yaitu -8.2654 > 2.0634, dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima yaitu, Adanya Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example dalam Mata Pelajaran IPS Tema Denah Dan Peta Siswa Kelas III SDN 006 Bongan.