Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
ABSTRAK
Widia Aprilia Nurrahmah, 2022. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Arsinah, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa gejala yang mengidentifikasikan bahwa pengelolaan kelas di MI Darul Falah 1 khususnya pada kelas V belum terlaksana dengan baik yaitu masih ada guru yang belum dapat mengatur formasi tempat duduk siswa, tidak adanya struktur kelas dan denah kelas, sebagian sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti kursi yang kurang stabil, media pembelajaran yang masih terbilang kurang. Selain itu, kondisi kelas juga berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran di kelas, ruangan tersebut terasa pengap dan gerah karena kurangnya sirkulasi udara yang masuk sehingga pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Darul Falah 1.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 35 orang, maka keseluruhan populasi diambil sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) uji prasyarat yang didalamnya terdapat uji normalitas, uji regresi sederhana dan uji linearitas. 2) uji hipotesis yang didalamnya terdapat uji korelasi product moment, uji t dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,904, bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada di antara 0,80-1,000 berarti berada pada kategori sangat kuat. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t diperoleh hasil 12,145 > 1,692 artinya dikemukakan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, kemudian hasil koefisien determinasi sebesar 0,817 atau 81,7% pada nilai tersebut menggmbarkan bahwa variabel pengelolaan kelas berpengaruh sekitar 81,7% dan sisanya 18,3 ditentukan oleh variabel lain yang tidak diketahui.