Show simple item record

dc.contributor.authorYunita, Yunita
dc.date.accessioned2022-08-02T05:35:52Z
dc.date.available2022-08-02T05:35:52Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1514
dc.description.abstractABSTRAK Yunita, 2022 “Manajemen Pengembangan Koleksi Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Bontang “Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Drs. Ahmad Riyadi, M. Hum Selaku pembimbing I dan Muhammad Khairul Rijal, M. Pd Selaku pembimbing II. Perpustakaan sekolah dapat dinyatakan berfungsi maupun tidak itu bergantung kepada proses kerjanya. Dari segi ruangan, buku-buku, dan koleksi lainnya yang berperan penting didalam proses keberhasilan dari perpustakaan tersebut, dan juga harus dikelola dengan sebaik-baiknya menggunakan prinsip pada manajemen pengembangan koleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bangaimana perpusakaan MAN Bontang dalam mengembangan koleksi perpustakaan dan apa saja alat atau sarana yang digunakan dalam mengembangkan koleksinya. Pengembangan koleksi Perpustakaan MAN Bontang telah dilaksanakan dengan baik dan dilakukan dengan prinsip pada manajemen, hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan koleksi yang terjadi dari tahun 2017 hingga saat ini dalam perkembangannya sudah terbilang cukup maksimal tetapi disamping itu masih terdapat beberapa hambatan dalam perkembangannya seperti masih terdapat kekurangan dalam koleksi buku yang diperlukan oleh para siswa-siswi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengamati secara langsung apa yang terjadi dilapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Dari observasi yang dilakukan terdapat beberapa proses yang dilakukan oleh Kepala MAN Bontang yaitu dengan mengawal penuh setiap proses perkembangan koleksi perpustakaan MAN Bontang, dan rutin melakukan evaluasi dalam pelaksanaannya sehingga dalam kegiatan perkembangan koleksi perpustakaan MAN Bontang dapat berjalan dengan maksimal. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen pengembangan koleksi perpustakaan MAN Bontang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mulai dari perencanaan, pengadaan, dan pemeliharaan agar dalam proses pengembangan koleksi perpustakaan dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, kemudian dalam pengembangan koleksi perpustakaan ada beberapa kelas atau subjek yang harus lebih mendapat perhatian untuk dikembangkan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Pengembangan Koleksi, Perpustakaanen_US
dc.titleManajemen Pengembangan Koleksi Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Bontangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record