Show simple item record

dc.contributor.authorNia Safitri, Mely
dc.date.accessioned2022-08-04T00:38:29Z
dc.date.available2022-08-04T00:38:29Z
dc.date.issued2022-06-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1515
dc.description.abstractABSTRAK Mely Nia Safitri, “Peran Kepala Madrasah Dalam Mendisiplinkan Rumpun Guru PAI MIN 1 Samarinda”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Husni Idris, M.Pd dan bapak Muhammad Khairul Rijal, M.Pd. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan yaitu sikap kedisiplinan. Kepala madrasah sebagai pemimpin dalam pendidikan merupakan jabatan tertinggi dari suatu organisasi madrasah, yang juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan guru yang berada di madrasah tempat Kepala madrasah tersebut bertugas. Oleh karena itu peran kepala madrasah sangat penting dalam mendisiplinkan rumpun guru PAI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu Obervasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Hubberman yaitu Kondensasi data, penyajian data, dan Verifikasi atau kesimpulan. Dan teknik Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi Sumber dan Triangulasi Metode. Hasil penelitian peran kepala madrasah dalam mendisiplin rumpun guru PAI ialah kepala madrasah sebagai educator dengan cara memberikan pelatihan terkait hal kedisiplinan, memberikan nasihat dalam hal disiplin, sebagai manajer kepala madrasah mengimplementasikan kedisiplinan dengan fungsi-fungsi manajemen seperti planing , organisasi, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi. Kepala madrasah sebagai administrator melakukan kebijakan melalui pencatatan ketepatan jam hadir dan jam pulang guru, sebagai supervisor melakukan kegiatan pengawasan seperti absensi guru dan berkunjung ke kelas-kelas, sebagai leader juga memberikan teladan kedisiplinan, sebagai innovator melakukan pembaharuan seperti penggunaan fingerprint, dan sebagai motivator memberikan motivasi, dorongan, dan semangat terkait kedisiplinan kepada guru-guru khususnya rumpun guru PAI. Adapun hasil penelitian dari kendala dan solusi kepala madrasah dalam mendisiplinkan rumpun guru PAI di MIN 1 Samarinda ialah terdapat kendala seperti berdomisili yang cukup jauh dan memiliki anak kecil sehingga menyebabkan guru tersebut terhambat dalam menerapkan sikap disiplin, serta memerlukan aturan khusus dari sekolah terkait keringanan dalam hal ketepatan waktu hadir di sekolah. Adapun solusi terkait kendala tersebut ialah kepala madrasah memberikan dispensasi waktu jam hadir ke madrasah dan juga memberikan jam kedua pada pukul 12.30 untuk melakukan pembelajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKepala Madrasah,Mendisiplinkan, Rumpun Guru PAIen_US
dc.titlePeran Kepala Madrasah Dalam Mendisiplinkan Rumpun Guru PAI MIN 1 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record