dc.description.abstract | ABSTRAK
Marcia Ulfa, 2019. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Computer Based Test (CBT) Dalam Pelaksanaan Tes Matematika Pada Siswa Kelas VI SD Islam Al Hikmah Samarinda”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi penerapan aplikasi Computer Based Test di SD Islam Al Hikmah Samarinda, yang sudah digunakan dalam pelaksanaan tes dalam evaluasi pembelajaran khususnya dibidang matematika. Di SD Islam Al Hikmah ini sudah dilengkapi sarana prasarana yaitu laboratorium komputer. Dengan meningkatnya teknologi di era globalisasi maka dalam dunia pendidikan bisa diterapkan fasilitas lebih untuk memperlancar proses pembelajaran. Guru atau pendidik harus memperhatikan cara terbaru sebagai penunjang kegiatan evaluasi hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan Computer Based Test (CBT) pada tes matematika siswa kelas VI di SD Islam Al Hikmah Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI. Yang menjadi sampel penelitian siswa kelas VI Yusuf. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Dalam keabsahan data soal dilakukan uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data yaitu normalitas, homogenitas, dan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan r product moment 0,05 uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20, soal dapat dinyatakan reliable. Dalam uji normalitas menggunakan rumus uji Liliefors, kelas eksperimen Lhitung < Ltabel : 0,10311 < 0,1518, memiliki distribusi normal, dan kelas kontrol Lhitung < Ltabel : 0,06583 < 0,1518, memiliki distribusi normal. Dalam uji homogenitas hasil uji F adalah 0,3598132 < 0,5541758 maka hipotesis diterima. Untuk uji Z, karena ukuran sampel lebih besar dari 30, dengan signifikan 0,05 dinyatakan jika Ztabel ≤ Zhitung, jadi didapatkan hasil 1,959963985 ≤ 0,071424927 berarti hipotesis diterima. Maka aplikasi Computer Based Test (CBT) efektif dalam pelaksanaan tes matematika pada siswa kelas VI di SD Islam Al Hikmah Samarinda. | en_US |