ABSTRAK Munira, Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Ilmu PengetahuanAlam Siswa Kelas V SD Negeri 001 Muara Jawa Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Munira, Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Ilmu PengetahuanAlam Siswa Kelas V SD Negeri 001 Muara Jawa Kutai Kartanegara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M. Ag sebagai pembimbing I dan Marniati Kadir, M. Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam memotivasi belajar siswa. Motivasi sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Apabila siswa sudah memiliki motivasi yang tinggi maka akan mempermudah siswa dalam menyelesaikan tugas dan dapat meningkatkan prestasi belajar khususnya dalam pembelajaran IPA disekolah. Strategi pembelajaran guru adalah taktik kegiatan guru secara terprogram dalam pembelajaran, untuk menjadikan siswa belajar secara aktif dan memahami apa yang diajarkan yang menekannya pada penyediaan sumber belajar yang terarah secara maksimal serta merubah tingkah laku peserta didik dan menciptakan relasi yang bersifat mendidik, sehingga peserta didik mampu berkembang secara optimal. Dalam belajar IPA siswa mengamati obyek dan peristiwa, mengajukan pertanyaan, memperoleh pengetahuan, menguji penjelasan tersebut dengan cara-cara yang berbeda. Untuk itu peneletian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam memotivasi belajar ilmu pengetahuan alam terkhusus pada siswa kelas V SDN 001 Muara Jawa Kutai Kartanegara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptip kualitatif, lokasi penelitian ini di SDN 001 Muara Jawa Kutai Kartanegara. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu yang pertama sumber primer dalam penelitian ini adalah guru, siswa, kepala sekolah dan staf administrasi. Kedua sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah gambaran umum SDN 001 Muara Jawa Kutai Kartanegara. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi yang digunakan oleh guru dalam memotivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam yang pertama adalah strategi Ekspositori yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa strategi ini juga disebut dengan pembelajaran langsung metode yang digunakan adalah metode ceramah. Kedua adalah strategi Inquiry rangkaian kegiatan yang menekankan kepada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk menemukan jawabannya sendiri dari suatu masalah. Proses ini dilakukan dengan tanya jawab antara guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas dan metode eksperimen.