Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar SKI Kelas V MI DDI TANI AMAN Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Nur Sa’adah, 2019. “Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar SKI Kelas V MI DDI TANI AMAN Samarinda Seberang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Bahrani, M.Pd selaku pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam belajar SKI (Sejarah Kebudayan Islam) di tingkat madrasah ibtidaiyah DDI tani aman Samarinda Seberang masih rendah. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang mendapat nilai hasil belajar SKI sangat rendah atau masih dibawah KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70, permasalahan ini menunjukan bahwa banyak anak yang malas atau tidak mau untuk belajar SKI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model number head together terhadap hasil belajar SKI materi akhir hayat Rasullulah SAW siswa kelas V MI DDI tani aman Samarinda Seberang.
Penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan mengambil subjek penelitian di MI DDI Tani Aman Samarinda Seberang dan waktu pelaksanaan penelitiannya dari tanggal 8 april hingga 29 mei 2019. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Research. Sampel dalam penelitian ini menggunkan dua kelas yaitu kelas eksperimen V A dan kelas kontrol V B. Kelas eksperimen menggunakan model number head together dan kelas kontrol menggunakan model konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah preetest dan posttest. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji-t (t-test)
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model number head together efektif terhadap hasil belajar SKI siswa kelas V. Hal ini diketahui dari Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dengan hasil perhitungan uji 〖 t〗_hitung > 〖 t〗_tabel dengan nilai 5,545 > 1,676 (nilai Df 49) atau nilai signifikansi 0,000 < 0,05 bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan model number head together efektif digunakan pada mata pelajaran SKI pokok bahasan akhir hayat Rasulullah SAW dan hasil belajar kelompok eksperimen yang menggunakan model number head togethe lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dapat diputuskan bahwa hasil belajar SKI dengan menggunakan model number head together lebih efektif dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional (ceramah)