Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda (Penelitian Eksperimen di Kelas V)
Abstract
ABSTRAK
Vira Yuniar, 2022. “Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda (Penelitian Eksperimen di Kelas V)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Uji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Juhairiah, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilator belakangi dengan kurangnya minat belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebab hal tersebut terjadi karena faktor eksternal yaitu cara guru mengajar. Saat guru mengajar, sebagian besar peserta didik sangat asik mengobrol dan bermain dengan teman disebelahnya, sehingga peserta didik yang lainnya tidak fokus memperhatikan penjelasan materi dari guru dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, maka diperlukan suatu solusi yaitu dengan menerapkan metode picture and picture untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh metode picture and picture terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda, (2) mendeskripsikan penggunaan metode picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (3) mendeskripsikan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode picture and picture kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental one group pretest-posttes Design. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda dengan jumlah 35 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh penelitian adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test.
hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh metode picture and picture terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda. Berdasarkan hasil uji yaitu thitung 10,2653 > ttabel 2,032 dan berdasarkan hasil output SPSS versi 21, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Pelaksanaan metode picture and picture yang dilakukan oleh guru dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan peserta didik semangat dan terlibat aktif proses pembelajaran, (3) hasil observasi menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik masuk di katagori “sangat baik” dan mengalami peningkatkan dari pertemuan pertama 82,01% menjadi 85,25% di pertemuan kedua.