Show simple item record

dc.contributor.authorMunawaroh, Mahmudhatul
dc.date.accessioned2022-08-10T00:28:45Z
dc.date.available2022-08-10T00:28:45Z
dc.date.issued2022-06-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1550
dc.description.abstractABSTRAK Mahmudhatul Munawaroh, 2022. “Analisis Perilaku Pedagang di Pasar Pagi Samarinda dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.SI selaku pembimbing I dan Bapak H. Yusran, M.Ag sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perilaku dalam aktivitas perdagangan, dimana perilaku pedagang atau etika pedagang seharusnya menjadi penting untuk diperhatikan karena seiring dengan perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Contohnya masih banyak ditemui para pedagang yang melakukan penyimpangan-penyimpangan dalam berdagang hal itu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat dengan mengabaikan etika bisnis Islam. Dalam perekonomian Islam telah memaparkan tentang etika yang harus dilaksanakan oleh pedagang dalam melakukan aktivitas jual beli. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perilaku pedagang grosir pakaian di pasar Pagi Samarinda; 2) untuk mengetahui perilaku pedagang grosir pakaian di pasar Pagi Samarinda menurut perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Analisis Perilaku Pedagang Grosir Pakaian di Pasar Pagi Samarinda dalam Perspektif Etika Bsnis Islam. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pedagang grosir pakaian muslim, pembeli, dan UPT Pasar Pagi Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik perpanjangan pengamatan, teknik peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa, sebagian besar pedagang di Pasar Pagi Samarinda sudah baik dalam hal keramahan, kualitas barang/produk, penepatan janji, pelayanan, dan persaingan sesama pedagang. Meskipun masih terdapat pedagang yang melakukan penyimpangan dalam berdagang. Sedangkan Perilaku pedagang grosir pakaian di pasar Pagi Samarinda dilihat dari lima prinsip etika bisnis dalam Islam, yaitu pada prinsip kesatuan (tauhid), prinsip keseimbangan (keadilan), prinsip kehendak bebas (free will), prinsip tanggungjawab (responsibility), dan prinsip kebajikan (ihsan) menunjukkan bahwa sebagian besar pedagang memegang kelima prinsip diatas. Walaupun masih beberapa pedagang yang tidak memegang prinsip tersebut, namun sebagian besar pedagang telah melakukan perdagangan sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Kata Kunci: Perilaku Pedagang, Etika Bisnis Islamen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPerilaku Pedagang, Etika Bisnis Islamen_US
dc.titleAnalisis Perilaku Pedagang di Pasar Pagi Samarinda dalam Perspektif Etika Bisnis Islamen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record