Show simple item record

dc.contributor.authorTrisma Ananda, Aninditya
dc.date.accessioned2022-08-10T02:30:19Z
dc.date.available2022-08-10T02:30:19Z
dc.date.issued2022-07-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1556
dc.description.abstractABSTRAK Aninditya Trisma Ananda, 2022 “Manajemen Layanan Tata Usaha di MAN Balikpapan” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Suratman, M.Pd sebagai pembimbing I dan bapak Misbahul Fuad, M.Pd sebagai pembimbing II. Layanan tata usaha merupakan bidang pelayanan yang ada disetiap lembaga pendidikan. Dalam pelaksanaannya tentu saja dibutuhkan proses manajemen agar dapat berjalan secara sistematis, efektif dan efisien. Kegiatan tata usaha berkaitan dengan segala proses administrasi yang ada disuatu sekolah. Hal ini juga berkaitan dengan proses pelayanan yang diberikan kepada pihak-pihak yang ada di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan tata usaha di MAN Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ada empat yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian adalah Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan dengan narasumber yaitu Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Staff Tata Usaha, Guru dan Siswa Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen layanan tata usaha di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan telah terencana sesuai dengan empat fungsi manajemen yang pertama dimulai dari perencanaan dengan melihat kebutuhan siswa dan mengacu kepada Standar Oprasional Prosedur (SOP) yang telah disepakati bersama. Kedua ialah pengorganisasian, setelah merencanakan sesuai Standar Oprasional Prosedur (SOP) yang ada, maka kepala madrasah bersama kepala staff tata usaha membuat Surat Keputusan (SK) yang menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan masing-masing staff. Ketiga ialah pelaksanaan, dalam pelaksaannya staff tata usaha bekerja sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang telah diberikan kepala madrasah. Adapun pelayanan yang diberikan di madrasah ini ada yang berbasis digital seperti pembuatan surat menyurat untuk siswa dan guru dan juga pelayanan yang masih bersifat manual seperti permintaan Alat Tulis Kantor (ATK), Liquid Crystal Display (LCD) dan pelayanan masyarakat. Keempat adalah evaluasi, dalam hal ini Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan mengadakan rapat rutinan yang bersifat keseluruhan selama tiga bulan sekali atau triwulan. Adapun faktor pendukung yang dialami oleh pelayanan tata usaha di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan adanya komunikasi yang terjalin baik antara guru dan staff dan adanya kecepatan staff dalam memberikan informasi serta faktor penghambat yang dialami oleh pelayanan tata usaha di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan adalah kurangnya jumlah staff dan kurangnya tingkat kedisiplinan staff yang membuat pelayanan menjadi kurang maksimal.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Layanan, Tata Usahaen_US
dc.titleManajemen Layanan Tata Usaha di MAN Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record