Show simple item record

dc.contributor.authorRohimah, Umi
dc.date.accessioned2022-08-10T03:15:50Z
dc.date.available2022-08-10T03:15:50Z
dc.date.issued2022-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1559
dc.description.abstractABSTRAK Umi Rohimah, 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd selaku pembimbing I dan Sunanik, M.Pd.I selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah. Dapat dilihat dari cara siswa menjawab soal yaitu apabila guru memberikan latihan soal masih banyak siswa yang belum memahami apa maksud dari soal-soal tersebut. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mengajar seperti metode ceramah tanpa melibatkan siswa, memberikan latihan soal dengan pertanyaan tidak terbuka, serta tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Sehingga media pembelajaran Question Card perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar membuat siswa tergali potensinya dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan True Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Only Control Design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa yang ada di kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data penelitian, pada perhitungan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon pada taraf signifikansi (𝛼) sebesar 5% atau 0,05. Dengan daerah penolakan yang diambil adalah menolak H0, diperoleh nilai p-value (Asymp. Sig (2-tailed)) < 𝛼 = 0,05 yaitu 0,016 < 0,05, maka dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sama halnya dengan perhitungan manual menggunakan rumus diperoleh nilai Z = −2,401 <−𝑍(0,0071) = −0,0142 maka menolak H0. Berdasarkan keputusan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Question Card terhadap kemampuan berpikir kritis materi bangun datar pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda. Kata kunci : Media Question Card, Kemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Question Card, Kemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record