dc.description.abstract | ABSTRAK
Suhernia Purnama Dewi, 2022. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSI Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Falkutas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negari (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Di bawah bimbimngan Ibu Tikawati, S.E, M.Si selaku pembimbing pertama dan Bapak Anwaril Hamidy, M.Pd selaku pembimbing kedua.
Pengguna telepon seluler di Indonesia mencapai 270 juta, melebihi total penduduk Indonesia hanya 253 juta jiwa. Kondisi ini berdampak pada persaingan usaha yang semakin meningkat dibidang operator seluler. Pengguna operator seluler terbanyak di Indonesia masih dikuasai oleh Telkomsel, yaitu pada tahun 2014 mencapai 46%, kemudian tahun 2016 mencapai 35%. Telkomsel dan operator seluler lainnya menawarkan berbagai macam produk kartu seluler dengan jaminan kualitas dan keterjangkauan harga. Operator seluler bersaing melalui harga dan kualitas produk untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk kartu prabayar telkomsel terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa UINSI Samarinda.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif semester genap tahun 2019/2020 berjumlah 6.199 responden. Penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus slovin berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu secara simple random sampling. Lokasi penelitian ini adalah Kampus UINSI Samarinda. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner berbentuk Google Form. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi responden penelitian, analisis deskripsi variabel penelitian, uji instrument, uji asumsi klasik, dan analisis linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai thitung 3,206 > ttabel 1,98447.Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 6,289 < ttabel 1,98447. Harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena tingkat nilai signifikan harga dan kualitas produk sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai Fhitung 54,914 > Ftabel 3,09. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa kedua variabel indepeden berpengaruh sebesar 53,1% terhadap variabel dependen sedangkan sisanya sebesar 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: harga, kualitas produk, keputusan pembelian, dan kartu prabayar telkomsel | en_US |