Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rahmah, 2022. “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak H. Susanto, Lc., M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Proses penguatan pendidikan karakter pada kegiatan pembelajaran tentunya juga mengalami dampaknya. Sebelum sistem pembelajaran daring penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran telah di laksanakan, begitupula ketika sistem pembelajaran daring. Namun ada beberapa perbedaan tentunya pada tahap pengelolaan dan pelaksanaan ketika pembelajaran daring diterapkan yaitu ada penanganan khusus terutama dalam kegiatan manajemennya, bagaimana itu dibuat dan disusun agar pendidikan karakter itu tetap diinternalisasikan pada peserta didik. Artinya kegiatan manajemen penguatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran daring menjadi suatu keniscayaan untuk dilakukan agar pendidikan karakter tetap eksis dan dapat di internalisasikan kepada peserta didik. Oleh karana itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru dan Siswa serta hasil dokumentasi Madarasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anlisis data kulaitatif yaitu melalui aktivitas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa manajemen penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring pada masa pandemic covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda terdiri dari yaitu: Pertama, perencanaan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran dilakukan melalui kegiatan sosialisasi pembelajaran daring, penyusunan jadwal kegiatan pembelajaran daring serta penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran yang diantaranya berupa silabus, RPP dan bahan ajar; Kedua, pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran, melalui kegiatan pendahulan atau Pra pembelajaran, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang dilakukan dengan media aplikasi berupa Watshupp, E-learning Madrasah, Zoom Meeting, dan media aplikasi daring lainnya; Ketiga, evaluasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran, dilakukan melalui kegiatan pengawasan terhadap pembelajaran dengan melaksanakan refleksi pembelajaran, analisis penilaian baik (sikap, pengetahuan dan keterampilan) dan rencana tindak lanjut.