dc.description.abstract | ABSTRAK
Rahmad Muliono, 2021 “Pengaruh Label Halal, Harga, Brand dan Tempat Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Coffee Shop di Kota Samarinda. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UINSI) Sultan Aji Muhammad Idris (Samarinda)”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag, M. HI selaku pembimbing I dan Anwaril Hamidy, M. Pd. Selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini disebabkan karena seiring perkembangan zaman bertambahnya jumlah pelaku bisnis pada coffee Shop di Samarinda menyebabkan persaingan yang lebih ketat. Oleh karena itu, seorang pelaku bisnis harus melakukan strategi marketing yang efektif dan efisien. Selain itu, strategi marketing harus sesuai dengan perspektif Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Label Halal, Harga, Brand, dan Tempat terhadap keputusan mahasiswa FEBI UINSI Samarinda dalam membeli produk coffee shop di kota Samarinda. baik secara parsial, maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan ( field research), dan jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampling menggunakan Proporsional Random Sampling. Populasi adalah mahasiswa FEBI UINSI Samarinda angkatan 2019 yang berjumlah 412 mahasiswa. Setelah dihitung menggunakan rumus slovin, diperoleh 80 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer dari kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Label Halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai signifikan 0,00, Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai signifikan 0,274, Brand tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai signifikan 0,852, dan Tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai signifikan 0,001. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Label Halal, Harga, Brand dan Tempat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Berdasarkan uji F menunjukan nilai Fhitung > Ftabel (22,197 > 2,49) dan didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 maka < 0,05 dapat disimpulkan bahwa Label Halal, Harga, Brand dan Tempat secara bersama sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen.
Kata Kunci : Label Halal, Harga, Brand, Tempat, Keputusan Konsumen. | en_US |