Show simple item record

dc.contributor.authorAhsanah, Binti Robbithotul
dc.date.accessioned2020-03-16T05:23:28Z
dc.date.available2020-03-16T05:23:28Z
dc.date.issued2019-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/157
dc.description.abstractABSTRAK Binti Robbithotul Ahsanah, 2019. “Pengaruh Penguatan Verbal dan NonVerbal”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyai Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Gianto, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran hal ini terlihat ketika beberapa siswa mulai tidak memperhatikan pelajaran dengan baik, kemudian ada beberapa siswa lain yang mengobrol dengan teman sebangkunya sehingga dibutuhkan keterampilan guru untuk membuat siswa kembali semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran salah satu keterampilan mengajar tersebut ialah pemberian penguatan verbal dan nonverbal yakni berupa ungkapan pujian, tepukan pundak dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh pemberian penguatan verbal dan nonverbal terhadap motivasi belajar siswa di MI DDI Tani Aman Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MI DDI Tani Aman Samarinda Seberang yang berjumlah 501 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis correlation product moment. Hasil penelitian pengaruh penguatan verbal dan nonverbal pada kategori cukup berpengaruh dengan interpretasi antara 0,40 sampai dengan 0,599. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh dari nilai koefisien kolerasi yaitu sebesar 0,411. Besarnya pengaruh penguatan verbal dan nonverbal terhadap motivasi belajar dibuktikan dengan perhitungan menggunakan thitung nilai besar 3,978. Dan nilai thitung setelah diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05, untuk db= 80 – 2 = 78 didapatkan nilai ttabel 1,664. Maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,978>1,664. Sedangkan penelitian pengaruh penguatan verbal dan nonverbal yaitu 16,9% dan sisanya 83,1 % ditentukan oleh faktor yang lain.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectVERBAL DAN NONVERBALen_US
dc.titlePengaruh Penguatan Verbal dan NonVerbalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record