Implementasi Manajemen Kelas Dikelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Ulu
Abstract
ABSRTAK
Misnah, 2022. “Implementasi Manajemen Kelas Dikelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Ulu ”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan bapak Drs. H. Ahmad Riyadi. SS. M.Hum.
Latar belakang penelitian ini yaitu manajemen kelas yang merupakan motor penggerak dan penentu arah. Manajemen kelas marupakan rangkaian usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan orang lain, sedangkan yang di maksud dengan kelas adalah belajar bersama sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dalam kelas tersebut, guru berperan sebagai manajer utama dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan, dan melaksanakan pengawasan atau supervisi kelas.
Metode penelitian yang digunkana dalam penelitian ini adalah kualitatif, penelitian ini diperoleh dari dua jenis data, yaitu primer dan skunder dengan sumber data yaitu kepala sekolah dan guru di SDN 008 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa kegiatan implemtasi manajemen kelas di SDN 008 Samarinda Ulu sudah berjalan dengan baik, seperti pengaturan peserta didik, pengaturan fasilitas , pengaturan fisik kelas untuk meningkatkan efektivitas peserta didik sehingga peserta didik merasa senang, nyaman, aman, dan dapat belajar dengan baik. Cara mengajar yang bervarisi dengan bantuan media, gaya mengajar, serta pola interaksi antara guru dan peserta didik dapat meningkatkan perhatian peserta didik. Fungsi manajemen sebagai pengarahan secara terpadu baik mental, pikiran, kemauan, perasaan untuk mewujudkan sesuatu dengan tujuan yang sesuai dengan yang di harapakan SDN 008 Samarinda Ulu. Dengan membuat jadwal pembelajaran disetiap kelas oleh guru. Pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan kevarisian merupakan kunci utama untuk tercapainya pengelolaan kelas yang efektif dan menghindari kejenuhan.