Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Darul Muta’allimin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Andi Fajar, 2022, Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Darul Muta’allimin Samarinda. Skripsi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Hajriana, M.Pd sebagai pembimbing II.
MTs. Darul Muta’allimin Samarinda merupakan salah satu madrasah dengan akreditasi A yang mengalami peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam bidang non-akademik atau ekstrakurikuler seperti pramuka, habsyi, bulutangkis, volley, futsal, dan sebagainya. Hal ini tidak terlepas dari peran penting kepala madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Darul Muta’allimin Samarinda dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Darul Muta’allimin.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data adalah kepala madrasah, waka kurikulum dan guru, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengikuti langkah Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yang terdiri dari tringulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Darul Muta’allimin Samarinda meliputi; Pertama, peran kepala madrasah sebagai educator yaitu memberikan pelatihan kepada guru dan staf TU baik di dalam madrasah maupun di luar madrasah. Kedua, kepala madrasah juga menjalankan kegiatan managerial yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengawasan. Ketiga, kepala madrasah juga mempunyai peran sebagai inovator diantaranya; a) memberi ide untuk guru berinovasi; b) menciptakan suasana yang menyenangkan; c) membangun kekompakan dan kerja sama antara pendidik dan tenaga kependidikan. Keempat, kepala madrasah juga mempunyai peran sebagai motivator dengan membangun motivasi dan semangat kerja untuk para guru dan staf dengan pemberian reward berupa barang dan tunjangan kepada guru yang berhasil mengikuti pelatihan khusus. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari peningkatan prestasi nonakademik yaitu memenangkan beberapa lomba di berbagai jenjang mulai dari antar sekolah maupun kabupaten kota, diantaranya memenangkan 44 kejuaraan dalam bidang kepramukaan.