dc.description.abstract | ABSTRAK
Wulan Sari Nurhayati, 2022 “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Dr.Suratman, M.Pd dan Pembimbing II Anggie Nadia Dinihari, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya sebuah isu pendidikan yang selalu menjadi pembahasan dalam lembaga pendidikan dan menjadi tolak ukur dikalangan masyarakat. Masyarakat beranggapan bahwa madrasah yang bertahan adalah madrasah yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu. Begitupun dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarinda merupakan madrasahyang unggul didukung dengan adanya guru yang berkompeten, fasilitas yang memadai, serta prestasi yang diraih oleh para siswa serta berusaha tetap menjadi percontohan untuk madrasah lainnya. Sebuah mutu pendidikan yang baik menjadi harapan bagi setiap lembaga pendidikan. Demi terwujudnya pendidikan yang bermutu, maka seorang kepala madrasah harus memiliki strategi atau usaha yang dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam peningkatan pendidik dan kependidikan sertapeningkatan sarana prasarana serta untuk mengetahui faktor pendukung danpenghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarinda, dengan narasumber kepala madrasah, kepala tata usaha, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana, meliputi empat tahap yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri Samarinda yaitu peningkatan standar sarana dan prasarana dengan melakuan peresmian gedung baru, izin pemanfaatan gedung, pemeliharaan, pengawasan, serta penyusunan jumlah anggaran pemeliharaan gedung. Peningkatan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik dengan mendelegasikan dan mengarahkan untuk mengikuti workshop, pelatihan, dan bimbingan teknik yang diadakan madrasah, pembagian job dalam pelaksanaan pendidikan di madrasah dan program tahfidz, tenaga kependidikan dengan mengikuti diklat ketatausahaan, pelatihan operator madrasah, pelayanan terpadu, dan administrasi tata usaha, tenaga pendidik dan kependidikan terjadi peningkatan dengan bertambahnya jumlah dan status kepegawaian dari pimpinan sebelumnya. Faktor pendukung ialah dengan adanya guru yang berkompeten, prestasi peserta didik, sarana prasarana yang memadai dan progran unggulan madrasah. Faktor penghambat ialah faktor pembiayaan dalam pengembangan diri diluar jam pembelajaran peserta didik dan semangat belajar siswa yang belum meningkat semenjak adanya covid-19. | en_US |