Show simple item record

dc.contributor.authorSerli, Serli
dc.date.accessioned2022-08-24T02:25:39Z
dc.date.available2022-08-24T02:25:39Z
dc.date.issued2022-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1626
dc.description.abstractABSTRAK Serli, 2022. “Pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf samarinda Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian. Ini dibimbin.g ole.h Dr. Bahrani, M.Pd dan Juhairiah, M. Pd. Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena pendidikan bukan hanya proses belajar untuk mencerdas tetapi juga mendidik untuk mendidik akhlak dan karakter anak, guru sebagai pendidik berperang penting untuk memotivasi siswa dalam belajar, dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning yang bisa membuat suasana belajar menjadi menyenangka, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang terdiri dari salah satu komponen objek keterampilan bahasa yaitu,membaca,menyimak,berbicara dan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan kolerasional. Adapun tujuan pendekatan korelasional adalah untuk mengidentifikasi prediktif dengan menggunakan teknik kolerasi hubungan antara dua variable. Metode kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi tertentu, teknik pengambilan populasi pada umumya yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf dengan jumlah 16 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf pembelajaran Bahasa Indonesia pada Model Problem Based Learning siswa dapat terlibat aktif dan model tersebut sebagai salah satu alternative yang menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu memotivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia sebesar sebesar 45.6% siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf. Kemudian dipengaruhi 54,4% dipengaruhi oleh factor internal individu seperti faktor keluarga, lingkungan, masyarakat dan faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (berbasis masalah) dapat memberikan motivasi pada siswa untuk hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDIT Az Zukhruf.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectmodel problem based learning (PBL), motivasi belajar, siswa, mata pelajaran, bahasa indonesiaen_US
dc.titlePengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record