Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik Melalui Program Ekstrakurikuler Di Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Kameliansyah, 2022. “Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik Melalui Program Ekstrakurikuler Di Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini M. Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang dalam penelitian ini didasari bahwa pembinaan dan pengembangan peserta didik melalui program ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda merupakan sebuah usaha yang di lakukan untuk pembentukan karakter manusia di Indonesia harus disesuaikan dengan manajemen madrasah yang berkualitas dan mempunyai fungsi penting di madrasah. Maka dari itu sangat di perlukan pembinaan dan pengembangan peserta didik yang berkualitas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dengan memberikan latihan dan bimbingan melalui praktik langsung di lapangan, maka dengan adanya hal tersebut membuat semua potensi siswa semakin meningkat dan tersalurkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembinaan dan pengembangan peserta didik melalui program ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data meliputi kodensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu, Kepala Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaaan, Pembina Ekstrakurikuler. Sedangkan sumber data sekunder yaitu, melalui obervasi dan dokumentasi di ruangan kantor madrasah terkait dengan manajemen peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan dan pengembangan peserta didik melalui program ekstrakurikuler sudah berjalan dengan baik walaupun tidak sepenuhnya, tetapi dari tahun ke tahun ada perkembangan yang signifikan oleh pihak madrasah. Dan pelaksanaan kegiatannya di jadwalkan mulai hari kamis, jumat, sabtu, dan minggu dan masing masing kegiatan ekstrakurikuler di bina oleh pembina yang sesuai dengan potensi yang di miliki peserta didik. Dan juga seharusnya MA Sabilarrasyad perlu bekerjasama dengan pihak-pihak atau kelembagaan, baik itu pemerintah maupun swasta untuk memberikan dorongan berupa penyediaan fasilitas sarana dan prasarana, bimbingan teknis khusus terkait pelayanan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur, penyediaan dan pengembangan pemanfaatan pengelolaan lahan sekolah serta melaksanakan program green school. Serta mampu selaras dan berdaya saing tinggi, dan menghadirkan lulusan siswa-siswi yang berpengetahuan luas, bertanggungjawab serta agamis dengan tujuan akhir bahwa setiap proses harus dikelola dan memberikan ruang kemudahan dalam pelayanan kepada peserta didik.