Show simple item record

dc.contributor.authorYuliningtias, Retno
dc.date.accessioned2022-08-30T01:30:23Z
dc.date.available2022-08-30T01:30:23Z
dc.date.issued2022-06-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1648
dc.description.abstractABSTRAK Retno Yuliningtias, 2022. “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan di SD Patra Dharma 1 Balikpapan”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulis skripsi di bimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S. Ag., M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang dari penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh SD Patra Dharma 1 Balikpapan, karena ketatnya persaingan dalam pemasaran jasa pendidikan SD Patra Dharma 1 Balikpapan mampu bertahan dan bersaing unggul dengan penyelenggara pendidikan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pemasaran jasa pendidikan di SD Patra Dharma 1 Balikpapan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pemasaran jasa pendidikan di SD Patra Dharma 1 Balikpapan. Penelitian ini dilakukan di SD Patra Dharma 1 Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam manajemen pemasaran jasa pendidikan sekolah sudah menerapkan fungsi manajemen pemasaran yaitu perencanaan adapun langkah-langkahnya yakni: a) Menentukan tempat; b) Mengadakan rapat tahunan, c) Perencanaan secara internal, eksternal dan interaktif, pengorganisasian adapun langkah-langkahnya yakni: a) Menentukan panitia; b) Membagi tugas, pelaksanaan adapun langkah-langkahnya yakni: a) Melaksanakan semua kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya; b) Melaporkan hasil, pengendalian atau pengawasan adapun langkah-langkahnya yakni; a) Kepala sekolah melakukan pengawasan; b) Melakukan evaluasi.. Manajemen pemasaran yang digunakan di sekolah ini memakai bauran pemasaran 7P yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Faktor pendukung kegiatan pemasaran di sekolah ini adalah dengan keunggulan-keunggulan yang ada dalam bauran pemasaran 7P di sekolah. Sementara itu, faktor penghambat kegiatan pemasaran di sekolah adalah menurut peneliti dari hasil wawancara dan observasi di lapangan yaitu banyak sekolah swasta yang terkenal sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat, namun sekolah dapat mengatasi hal tersebut dengan sebaik mungkin.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen Pemasaran, Jasa Pendidikanen_US
dc.titleManajemen Pemasaran Jasa Pendidikan di SD Patra Dharma 1 Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record