dc.description.abstract | ABSTRAK
Yasinta Qur’aini Nurdiniyya, 2022. Pengelolaan Arsip di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Sumarno, M.Kom selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan arsip yang mencakup pengklasifikasian, penyimpanan, penggunaan, peminjaman, pemeliharaan, hingga penyusutan arsip yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar belum sepenuhnya berjalan. Dilihat langsung kondisi ruangan arsip yang masih bergabung dengan ruang kepala madrasah, mengingat bahwasannya setiap madrasah tidak akan terlepas dengan yang namanya kegiatan administrasi yang meliputi tata usaha dengan tugas mengelola arsip-arsip yang ada di madrasah.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Samarinda dengan jenis penelitian kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk paragraf. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha dan Staff Tata Usaha Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian pada skripsi ini yaitu menunjukkan bahwa pengelolaan arsip di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Samarinda dilaksanakan secara maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh fasilitas yang tersedia untuk mengelola arsip masih belum lengkap, seperti lemari arsip, rak arsip, filing cabinet, map arsip. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam mengelola arsip yakni belum adanya staff khusus yang menangani arsip atau tenaga arsiparis, kurang tersedianya fasilitas yang mencakup perlengkapan dan peralatan untuk menyimpan arsip-arsip di madrasah, belum tersedianya ruangan khusus untuk penyimpanan arsip, pengetahuan petugas dalam mengelola arsip yang masih terbatas menjadikan petugas belajar secara otodidak karena belum pernah mengikuti pelatihan tentang kearsipan. Usaha yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi hambatan dalam mengelola arsip yaitu menambah staff yang ahli pada bidang kearsipan, melengkapi peralatan dan perlengkapan arsip, mengikut sertakan staff yang menangani pada bidang kearsipan untuk ikut pelatihan atau bimbingan teknis tentang kearsipan atau surat menyurat, meningkatkan atau menambah ruangan khusus untuk menyimpan arsip terutama arsip surat masuk dan surat keluar. | en_US |