Show simple item record

dc.contributor.authorFatmawati, Rina
dc.date.accessioned2022-08-30T03:07:34Z
dc.date.available2022-08-30T03:07:34Z
dc.date.issued2022-07-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1654
dc.description.abstractABSTRAK Rina Fatmawati, 2022. “Strategi Guru Kelas Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III di SDI Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Khairul Slaeh, M.Ag selaku pembimbing I dan bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan di kelas III Sekolah Dasar Islam Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang. Peneliti menemukan sebuah permasalahan, yaitu guru membutuhkan strategi dalam melaksanakan pembelajaran dan guru berupaya memberikan strategi yang menarik kepada peserta didik terlebih lagi di mata pelajaran Tematik yang memiliki strategi yang khusus karena pembelajaran tematik mengaitkan beberapa mata pelajaran yang digabung menjadi satu rangkap yang dilaksanakan dalam sehari sehingga memiliki strategi yang berbeda. Dalam menentukan strategi yang digunakan, salah satunya guru menyiapkan bahan ajar yang terdiri dari berbagai perangkat pembelajaran dengan mencantumkan tujuan, metode, media pembelajaran dan melihat kemampuan peserta didik juga. Dalam pelaksanaan belajar mengajar jika ada siswa yang terlihat kurang bersemangat pada saat pembelajaran tematik, peneliti beramsumsi bahwa adanya ketidak tepatan dalam penggunaan strategi serta kurangnya motivasi guru dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih jauh lagi strategi yang digunakan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pembelajaran tematik. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh oleh Guru, Wakakurikulum, serta Kepala Sekolah SDI Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran tematik di SDI Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang menggunakan beberapa strategi, yaitu strategi pembelajaran langsung memuat penyiapan bahan ajar, pemilihan metode, dan media pembelajaran. Strategi pembelajaran partisipatif memuat pelibatan siswa dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran eksperensial memuat ice breaking, dan refleksi pembelajaran. Strategi belajar tuntas memuat evaluasi pembelajaran. Kemudian terdapat faktor penghambat, yaitu minat siswa yang berbeda, menyesuaikan materi pelajaran dengan berbagai metode, perbedaan watak siswa, mengkoordinasi siswa. Faktor pendukung, yaitu sikap siswa yang responsive, perangkat pembelajaran, dan media pembelajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Guru Kelas,Pembelajaran Tematiken_US
dc.titleStrategi Guru Kelas Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III di SDI Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record