Show simple item record

dc.contributor.authorOktavia, Anisa Eka
dc.date.accessioned2022-08-30T03:19:16Z
dc.date.available2022-08-30T03:19:16Z
dc.date.issued2022-07-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1655
dc.description.abstractABSTRAK Anisa Eka Oktavia. 2022. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Bingo Terhadap Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Bintang Bontang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Lina Revilla Malik, M.Si dan Wildan Saugi, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah kurang maksimalnya penanaman karakter peserta didik, dapat dilihat dari peserta didik yang cukup aktif di dalam kelas. Namun, ketika diminta menyampaikan pendapat, banyak peserta didik yang masih belum berani dan kurang perhatiannya terhadap peserta didik lain yang sedang menyampaikan pendapat. Hal ini dikarenakan, guru jarang menerapkan metode pembelajaran secara berkelompok dan penerapan aktivitas pembelajaran yang monoton pada saat pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran bingo terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Bintang Bontang dan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penerapan metode pembelajaran bingo terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Bintang Bontang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen design pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi, dimana angket digunakan untuk mengetahui karakter peserta didik dan respon peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran bingo yang digunakan. Observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran bingo. Serta, dokumentasi untuk mengumpulkan data yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji paired t-test dan effect size cohen’s. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran bingo terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V SD Bintang Bontang. Dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan perhitungan effect size yaitu 0,90 yang mana 0,90 >0,80 maka dapat dinyatakan bahwa besar pengaruh dari metode pembelajaran bingo terhadap karakter peserta didik yaitu termasuk dalam kriteria tinggi dengan persentasi 82%.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh Penerapan Metode Pembelajaran, Bingo, Karakter, Peserta Didiken_US
dc.titlePengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Bingo Terhadap Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Bintang Bontangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record