dc.description.abstract | ABSTRAK
Ismawati. 2022. Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Risiko, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan GoPay Pada Masyarakat Muslim di Samarinda. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M. Ag dan Fitria Rahmah, SEI.,MA.
Meningkatnya jumlah transaksi uang elektronik di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur menandakan bahwa masyarakat sudah tidak asing dengan uang elektronik (e-money), salah satu uang elektronik yang banyak diminati ialah GoPay. Penggunaan GoPay tentu saja mempertimbangkan banyak hal mulai dari kemudahan saat menggunakan, manfaat yang di dapatkan, besarnya risiko saat menggunakan, kualitas layanan serta promosi yang diberikan. Sehinggga penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kemudahan, manfaat, risiko, kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan penggunaan GoPay pada masyarakat muslim di Samarinda baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini ialah masyarakat muslim di Kota Samarinda yang menggunakan GoPay. Teknik pengambilan sampel ialah accidental sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data yakni SEM (Structural Equation Modelling) dengan SmartPLS (Partial Least Square) versi 3.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kemudahan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan GoPay pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai koefisien jalur -0.226 dan t-statistic 2.379 > t-table 1.960, serta p-value 0.018 < 0.050. Variabel manfaat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan GoPay pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai koefisien jalur 0.324 dan t-statistic 2.043 > t-table 1.960, serta p-value 0.042 < 0.050. Variabel risiko secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan GoPay pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai koefisien jalur 0.116 dan t-statistic 1.279 < t-table 1.960, serta p-value 0.202 > 0.050. Variabel kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan GoPay pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai koefisien jalur 0.336 dan t-statistic 2.426 > t-table 1.960, serta pvalue 0.016 < 0.050. Dan variabel promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan GoPay pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai koefisien jalur 0.265 dan t-statistic 2.549 > t-table 1.960, serta p-value 0.011 < 0.050.
Kata Kunci: Kemudahan, Manfaat, Risiko, Kualitas Layanan, Promosi, Keputusan Penggunaan, Masyarakat Muslim. | en_US |