dc.description.abstract | ABSTRAK
Sri Wahyuni, 2022, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al–Huda Muara Jawa. Skripsi program studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI dan Dr. Suratman, M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kinerja guru yang menurun disebabkan oleh kurangnya pengawasan dari kepala madrasah. Sehingga gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala madrasah berpengaruh pada kinerja guru. Kinerja guru sangat berpengaruh untuk kemajuan Madrasah Ibtidaiyah maka perlu dibenahi lagi dalam kinerja guru yang dibantu dengan gaya kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan kondisi. Rumusan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Muara Jawa. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah secara signifikan terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Muara Jawa.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini ialah semua pengajar dan tenaga kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda yaitu terdiri dari 30 guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis penelitian yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linearitas serta uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan terdapat bahwa antara pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah AlHuda Muara Jawa. Hasil perhitungan korelasi product moment mendapat hasil r xy senilai 0,917, maka nilai interval berada skala antara 0,800 s/d 1,000 yaitu “sangat kuat”. Artinya gaya kepemimpinan kepala madrasah sangat kuat pengaruhnya terhadap kinerja guru. Hasil uji hipotesis ditunjukkan dengan nilai R square = 0,840 nilai ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 84,0 % selebihnya ditentukan oleh factor diluar dari regresi ini yaitu sebesar 16,0 %. Hal ini di dukung juga nilai uji t yang didapatkan, yakni nilai t hitung memperoleh nilai sebesar 12,146 lebih besar bila dibanding dengan nilai t tabel yang bernilai sebesar 1,699, artinya hipotesis diterima. | en_US |