Pengaruh Program Tahfidzul Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Islamic Center Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Aldiansyah Saputra, 2022. “Pengaruh Program Tahfidzul Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Islamic Center Samarinda.Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag sebagai pembimbing I dan Yunita Noor Azizah M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal dan ketertarikan peneliti untuk meneliti sebuah program bagus di SMP Islamic Center Samarinda berupa program tahfidzul Qur‟an. Berdasarkan observasi peneliti untuk melihat jalannya program tahfidzul Qur‟an di SMP Islamic Center Samarinda, seluruh peserta didik di sini diwajibkan untuk mengikut program ini dan hal ini secara langsung memberikandampak positif mulai dari, membuat peserta didik dari segi hafalan menjadi kuat, mengetahui hukum-hukum bacaan Al-Qur‟an, makhorijul huruf menjadi semakin baik, dan bacaan Al-Qur‟an menjadi lebih fasih dengan menggunakan metode qiraati. Diharapkan dengan adanya program tahfidzul Qur‟an ini bisa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang mengalami progres terkhusus pada mata pelajaran PAI di materi Al-Qur‟an dan Hadits.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan selama di lapangan penelitian berupa observasi untuk melihat jalannya program tahfidzul Qur‟an di SMP Islamic Center Samarinda, penyebaran angket dilakukan kepada siswa-siswi di SMP Islamic Center yang menjadi sampel di dalam penelitian ini dan dokumentasi digunakan peneliti untuk mencari data-data yang diperlukan untuk penelitian mulai dari data guru dan siswa, foto-foto kegiatan, dan daftar hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI. Adapun populasi dalam hal ini adalah seluruh siswa-siswi di SMP Islamic Center Samarinda, dengan penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis sampel purposive dan sampel di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII di SMP Islamic Center Samarinda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara program tahfidzul Qur‟an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islamic Center Samarinda sebesar 0,679. Sesuai dengan skala interpretasi, angka tersebut berada pada tingkat pengaruh yang kuat. Selanjutnya pada pengujian hipotesis dengan signifikansi 5% dan dagree of freedom 48 diperoleh nilai thitung sebesar 6.415 > ttabel 1.677. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 penelitian diterima dan H0 ditolak.