Pelaksanaan Pembelajaran Online Menggunakan Google Meet Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Selly Jayanti, 2022. “Pelaksanaan Pembelajaran Online Menggunakan Google Meet Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Samarinda.” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) Jurusan Pendidikan Guru. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh,M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M.Pd. selaku pembmbing II
Pembelajaran daring/online di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Samarinda menerapkan sistem pembelajaran online dengan penggunaan google meet sebagai alternatif belajar dan mengajar untuk menyampaikan pesan yang ada pada materi. Proses pembelajaran tersebut guru dapat meningkatkan kemampuan yang ada, semula yang kurang paham akan teknologi perlahan menjadi sedikit lebih faham akan teknologi. Semua itu akan meningkatkan kemampuan guru seperti kemampuan menggunakan teknologi, berinteraksi dengan siswa. Selain penggunaan salah satu aplikasi yaitu google meet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan google meet pada masa pandemic covid-19, dan untuk mengetahui kendala apa saja dalam proses kegiatan pembelajaran menggunakan google meet pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahan ini melalui pengecekan kredibilitas, dengan menggunakan triangulasi kemudian setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Miles and Hubberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data display penyajian dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data yang diperoleh hasil penelitian Pelaksanaan Pembelajaran Online Menggunakan Google Meet Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Samarinda yang di dalamnya terdiri dari Perencanaan, Proses kegiatan pembelajaran dan Evaluasi pembelajaran. Kendalakendala yang ditemukan pada saat proses pembelajaran daring/online. Pertama, minimnya fasilitas handphone siswa yang menjadi harus bergantian dengan saudaranya. Kedua, sering terlambat ketika guru memulai pembelajaran online via google meet. Ketiga, siswa yang tidak fokus/tidak memperhatikan guru saat memaparkan materi dan saat guru melakukan sesi tanya jawab siswa masih banyak yang tidak mengerti dengan materi yang diajarkan. Keempat, jaringan yang tidak memadai.