Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Asriani, 2022. “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Al-Mujahidin Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar salah satunya adalah fasilitas belajar. Salah satu usaha meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran adalah tersedianya fasilitas belajar. Sebab, fasilitas belajar adalah sarana dan prasarana untuk mendukung proses belajar siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar ataupun menciptakan suasana belajar yang nyaman fasilitas yang ada harus memadai. Fasilitas belajar yang baik dan memadai akan membuat proses pembelajaran lebih kondusif dan nyaman, sehingga hasil belajar yang dicapai memuaskan. Ketersediaan dan kelengkapan fasilitas belajar akan memudahkan siswa untuk belajar sehingga siswa akan terdorong dan semangat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Al-Mujahidin Samarinda; 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI AlMujahidin Samarinda
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 42 peserta didik yang terdiri dari kelas Va dan Vb di MI Al-Mujahidin Samarinda, maka keseluruhan populasi di ambil sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik uji coba instrumen terdiri dari dua bagian yaitu uji validitas dan uji reliabitas. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji prasyarat yang didalamnya terdapat uji normalitas dan uji linieritas, uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI AlMujahidin Samarinda sebesar 0,764, bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r berada di antara 0,70-0,90 berarti berada pada kategori kuat. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,584 atau 58,4% dan sisanya 41,6% ditentukan variabel lain yang tidak diketahui dan pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil 𝑡-ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (7,492 > 1,683) artinya hipotesis yang dikemukakan terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI AlMujahidin Samarinda, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.