dc.description.abstract | ABSTRAK
SEPTIANI, 2022. “Pengaruh Tingkat Pemahaman, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kepercayaan, Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Fintech) syariah Pada Generasi Muslim Millenial (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UINSI Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Akhmad Nur Zaroni M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Fitria Rahmah, S.E.I., M.A selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan berkembangnya teknologi saat ini yang menyebabkan perubahan gaya hidup pada mahasiswa yang mana salah satunya ialah penggunaan internet yang saat ini marak digunakan sebagai sarana layanan keuangan, dengan adanya kemajuan dibidang financial technology (fintech), mahasiswa tentunya banyak diuntungkan mulai dari metode pembayaran transfer uang, penggalangan dana, peminjaman, bahkan investasi dapat dipercepat dan dipersingkat hanya dengan menggunakan teknologi, itulah sebabnya fintech cepat menjadi kebutuhan dan perubahan gaya hidup mahasiswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui“pengaruh tingkat pemahaman, persepsi kemudahan, dan persepsi kepercayaan, terhadap minat penggunaan financial technology (fintech) syariah pada generasi muslim millenial (studi kasus mahasiswa FEBI UINSI Samarinda)”.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara dokumentasi dan menyebar kuesioner atau angket Jumlah sampel yang digunakan 94 responden yaitu mahasiswa FEBI UINSI Samarinda. Dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 25 yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ini menunjukkan bahwa variabel tingkat pemahaman secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fintech syariah dikarenakan tingkat pemahaman memiliki nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05 dan t hitung sebesar 3,027 > 1,662. Dan variabel persepsi kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fintech syariah dikarenakan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 4,608 > 1,662. Sedangkan variabel persepsi kepercayaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fintech syariah dikarenakan memiliki nilai signifikan sebesar 0,403 > 0,05 dan t hitung sebesar -0,841 < 1,662. tingkat pemahaman, persepsi kemudahan, dan persepsin kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fintech syariah sebesar 0,000 < 0,05 atau F hitung > Ftabel sebesar 67,568 > 2,704. Dari angka R square (R2) sebesar 0,416 menunjukkan bahwa variabel tingkat pemahaman (X1), persepsi kemudahan (X2), dan persepsi kepercayaan (X3), dengan variabel minat pengguna (Y) memiliki pengaruh sebesar 41,6% sedangkan 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain yakni faktor eksternal dan internal.
Kata Kunci: Tingkat Pemahaman, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kepercayaan. | en_US |