Show simple item record

dc.contributor.authorAriyani, Neni
dc.date.accessioned2022-09-12T06:50:27Z
dc.date.available2022-09-12T06:50:27Z
dc.date.issued2022-04-26
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1714
dc.description.abstractABSTRAK Neni Ariyani, 2022. “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Menghafal Alquran Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah AlMujahidin Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd. Latar belakang penelitian ini ialah bahwa di Madrasah Ibtidaiyah AlMujahidin Samarinda memiliki program menghafal Alquran terutama pada juz 30, dari program tersebut banyak peserta didik mampu menghafal Alquran dan memiliki prestasi menghafal yang bagus. Selain itu, kemampuan menghafal Alquran ini juga terkait dengan kecerdasan emosional yang dimiliki, seperti terampil mengenali dan mengelola emosi, memotivasi diri, serta adanya empati dan hubungan sosial yang baik, maka dari hal tersebut peserta didik akan mampu menghafal Alquran dengan mahir. Sehingga kecerdasan emosional diduga memiliki hubungan dengan kemampuan menghafal Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Alquran juz 30 peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda sebanyak 269 peserta didik dengan mengambil sampel pada kelas VI sebanyak 42 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Alquran peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda sebesar 0,633 tergolong ‘kuat’. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 40,1% dan sisanya 59,9% ditentukan oleh variabel lain dan pembuktian hipotesis dengan menguji menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil thitung > ttabel (5,177 > 1,684). Artinya terdapat hubungan yang kuat antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Alquran peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKecerdasan Emosional, Kemampuan Menghafal Alquranen_US
dc.titleHubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Menghafal Alquran Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah AlMujahidin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record