Show simple item record

dc.contributor.authorDahlia, Tuti
dc.date.accessioned2022-09-22T02:30:18Z
dc.date.available2022-09-22T02:30:18Z
dc.date.issued2022-07-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1731
dc.description.abstractABSTRAK Tuti Dahlia, 2022 “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Nabil Husein Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S.Ag.M.Pd dan Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMK Nabil Husein Samarinda. Kepemimpinan adalah suatu usaha mempengaruhi seseorang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin mempengaruhi kinerja dari para anggotanya dan bawahannya. Oleh karena itu, gaya kepemimpinan mempengaruhi terhadap lembaga maupun organisasi. dimanapun kita berada baik itu ditengah-tengah perjuangan mengarah kepada keberhasilan terhadap tujuan pendidikan tidak lepas dari yang namanya gaya kepemimpinan. Metode pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMK Nabil Husein Samarinda dengan narasumber kepala sekolah, waka sekolah, kepala kaprodi, kepala TU, guru dan siswa-siswi SMK Nabil Husein Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles Hubermen dan Saldana, yang diaplikasikan dalam empat tahap yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMK Nabil Husein Samarinda adalah demokratis dan kharismatik. Kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan demokratis yaitu saling bekerja sama, tidak pernah memaksakan kehendak, terbuka, jujur, disiplin dalam hal waktu, menerima saran ataupun pendapat dari para guru-guru ataupun siswa siswinya, menerima kritikan-kritikan dari guru ataupun siswa-siswinya agar dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang ada. kepala sekolah tidak mengekang para guru ataupun bawahannya maupun siswa-siswinya. Kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan kharismatik yaitu memiliki kewibaan yang alami, Serta kepemimpinan yang langsung terjun langsung ke lapangan melihat kondisi maupun situasi-situasi yang dialami guru-guru maupun siswa-siswinya dan kepala sekolah memiliki banyak pengikut atau anggota yang patuh dan taat mengikuti kepala sekolah. Kepala sekolah juga memberikan pemahaman yang mudah dimengerti tidak tegang dan suasana menjadi semakin menarik.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGaya, Kepemimpinan, Kepala Sekolahen_US
dc.titleGaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Nabil Husein Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record