dc.description.abstract | ABSTRAK
Pipit Yulia Saputri, 2022. “Implementasi Kurikulum 2013 Di Masa Pandemi Di Al-MI Mujahidin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir M.Pd sebagai pembimbing I dan Lely Salmitha, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah diterapkannya permendikbud No 719 pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Penerapan kurikulum 2013 di masa pandemi ini merupakan hal baru bagi dunia pendidikan. Pelaksanan kurikulum tersebut menimbulkan kesulitan di kalangan pendidik dalam penerapannya. Dimana dalam sistem pebelajarannya di lakukan secara dalam jaringan (daring) dengan menggunakan teknologi seperti handphone dan laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 di masa pandemi di MI Al-Mujahidin Samainda serta apakah hambatan implementasi kurikulum 2013 di MI Al-Mujahidin Samarinda di masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis, lapangan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa : (1). Dalam proses pembelajaran di MI Al-Mujahidin Samarinda sudah menggunakan kurikulum 2013 dalam kondisi khusus. Akan tetapi dalam proses pembelajaran menggunakan sistem daring terlaksana dengan cukup baik. Meskipun belum seperti yang diinginkan dalam penilaian akhir pada siswa hal tersebut dikarenakan masih terbatasnya pengetahuan pada teknologi. (2). Hambatan yang terjadi banyaknya siswa dalam menggikuti pembelajaran selama daring terkendala tidak adanya handphone pribadi harus berbagi dengan orang tua yang bekerja. Pengajar harus bekerja dua kali dikarenakan ketika pembelajaran siswa di tes langsung disekolah banyak siswa yang tidak bisa menjawab sehingga pengajar harus dengan sabar menjelaskan kembali materi pembelajaran. | en_US |