Kepemimpinan Kepala Sekolah DalamMembangun Komitmen Tugas Guru di SMP Negeri 1 Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Arbiah Anita Sari, 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Komitmen Tugas Guru di SMP Negeri 1 Loa Janan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) SultanAji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunggulan akreditasi yang ada di SMP Negeri 1 Loa Janan, serta baiknya komitmen guru dalam bertangggung jawab untuk melaksanakan tugasnya meskipun dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, terbukti dari nilai siswa yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan tidak mengalami penurunan ketika masa pandemi. Keunggulan tersebut tentu tidak terlepas dari kepemimpinan kepala sekolah disekolah tersebut. Maka dari itu peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun komitmen tugas guru di SMP Negeri 1 Loa Janan.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Loa Janan dengan jenis penelitian kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk paragraf atau narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru di SMP Negeri 1 Loa Janan. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian pada skripsi ini yaitu dalammembangunkomitmen tugas guru di sekolah, kepala sekolah menjalankan fungsi kepemimpinannya yang berkaitan dengan sistem manajerialnya. Fungsi kepemimpinan yang dimaksud yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/penciptaan lingkungan kerja, bimbingan, pengawasan, sertadorongan. Fungsi perencanaan yang dilakukan yaitu dengan membagi tugaskepada para guru; Fungsi Pengorganisasian yaitu dengan mengadakan rapat bertahap bersama guru; Fungsi Penciptaan lingkungan kerja yaitu denganmenerapkan sistem manajemen terbuka; Fungsi bimbingan yaitu denganmengikutsertakan guru pada kegiatan pelatihan; Fungsi Pengawasan yaitu dengan memantau program kerja guru; Fungsi dorongan yaitu dengan cara memberi motivasi kepada guru yaitu berupa wejangan, pujian, dan piagam penghargaan. Untuk mengukur Komitmen seorang guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolah tersebut diukur melalui beberapa indikator, yaitu bagaimana kepeduliannya terhadap siswa khususnya siswa yang nilai nya menurun, tanggungjawabnya dalam melaksanakan tugas-tugas seperti mengajar, membimbing, dan mendidik siswa, loyalitasnya sebagai seorang guru, sikap kedisiplinannya, sertamotivasi dalam diri guru itu sendiri.