dc.description.abstract | ABSTRAK
Esidias Pitriani, 2018. “Sistem Rekruitmen Siswa di SMK Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Fathul Janah, M.SI sebagai dosen Pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd sebagai dosen Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Rekruitmen siswa baru merupakan bagian kegiatan awal yang dilakukan lembaga pendidikan menjelang tahun ajaran baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari dan mendapatkan siswa baru dalam pelaksanaan sistem rekruitmen siswa di SMK Plus Melati Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian ini adalah fenomenologi. Penggunaan pendekatan fenomenologi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang natural dan yang terjadi tentang sistem rekruitmen siswa di SMK Plus Melati Samarinda. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan situasi yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem rekruitmen siswa. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan sistem rekruitmen siswa yang meliputi sosialisasi, pendaftaran, seleksi serta penempatan, dan pengumuman. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, panitia pelaksana, dan siswa–siswi yang diterima. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan mengikuti langkah analisis model Miles and Huberman yaitu memfokuskan pada hal-hal yang penting yang disajikan dengan bentuk uraian singkat atau tabel dan kemudian untuk dibuat kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan system rekruitmen/penerimaan siswa baru di SMK Plus Melati Samarinda secara keseluruhan terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi 1) Sosialisasi dengan mengkunjungi sekolah-sekolah lain yang dituju untuk mempromosikan sekolah dengan media yang digunakan seperti spanduk dan brosur. 2) Pendaftaran untuk penerimaan siswa baru melalui jalur undangan atau berkas. 3) Seleksi yang digunakan ada dua yaitu seleksi berkas dan seleksi tertulis seperti tes dan wawancara yang dilanjutkan penempatan bagi siswa yang diterima, dan 4) pengumuman siswa yang diterima yaitu sekolah menggunakan pengumuman dengan tertutup atau pribadi. | en_US |