View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Standar Layanan Customer Service Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarinda

Thumbnail
View/Open
Ilham Naufal Zain.docx (16.42Kb)
Date
2021-10-07
Author
Zain, Ilham Naufal
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Ilham Naufal Zain, 2021.”Pengaruh Standar Layanan Customer Service Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarinda. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag. M. HI dan Irma Yuliani, SE., M. Si. Dengan pesatnya perkembangan bank syariah saat ini, maka standar kualitas layanan merupakan faktor kunci yang akan menjadi keunggulan daya saing untuk menarik minat nasabah. Dalam hal ini, Customer Service selaku bagian yang berkomunikasi langsung dengan nasabah harus memiliki kualitas pelayanan yang baik untuk menarik minat nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Standar Layanan Customer Service terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan motode kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah penabung di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling pendekatan Convenience Sampling dengan jumlah 96 sampel dari 2.350 populasi nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model pendekatan compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsivenes (CARTER) untuk menguji pengaruh standar layanan Customer Service pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarinda terhadap minat untuk menjadi nasabah baik secara parsial maupun simultan. Teknik analisa yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, pendekatan empathy secara parsial berpengaruh terhadap Minat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan nilai signifikansi pendekatan compliance sebesar 0,503, pendekatan assurance sebesar 0,247, pendekatan reliability sebesar 0,988, pendekatan tangible sebesar 0,070 dan pendekatan responsiveness sebesar 0,853 yang artinya tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Minat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Secara simultan, compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsiveness berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia dengan nilai signifikansi dibawah 0,05 yakni 0,000. Kata Kunci : Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Empathy, Responsiveness, minat.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1769
Collections
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah [322]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV