Show simple item record

dc.contributor.authorZain, Ilham Naufal
dc.date.accessioned2022-10-04T01:58:46Z
dc.date.available2022-10-04T01:58:46Z
dc.date.issued2021-10-07
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1769
dc.description.abstractABSTRAK Ilham Naufal Zain, 2021.”Pengaruh Standar Layanan Customer Service Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarinda. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag. M. HI dan Irma Yuliani, SE., M. Si. Dengan pesatnya perkembangan bank syariah saat ini, maka standar kualitas layanan merupakan faktor kunci yang akan menjadi keunggulan daya saing untuk menarik minat nasabah. Dalam hal ini, Customer Service selaku bagian yang berkomunikasi langsung dengan nasabah harus memiliki kualitas pelayanan yang baik untuk menarik minat nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Standar Layanan Customer Service terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan motode kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah penabung di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling pendekatan Convenience Sampling dengan jumlah 96 sampel dari 2.350 populasi nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model pendekatan compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsivenes (CARTER) untuk menguji pengaruh standar layanan Customer Service pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarinda terhadap minat untuk menjadi nasabah baik secara parsial maupun simultan. Teknik analisa yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, pendekatan empathy secara parsial berpengaruh terhadap Minat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan nilai signifikansi pendekatan compliance sebesar 0,503, pendekatan assurance sebesar 0,247, pendekatan reliability sebesar 0,988, pendekatan tangible sebesar 0,070 dan pendekatan responsiveness sebesar 0,853 yang artinya tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Minat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Secara simultan, compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsiveness berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia dengan nilai signifikansi dibawah 0,05 yakni 0,000. Kata Kunci : Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Empathy, Responsiveness, minat.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectCompliance, Assurance, Reliability, Tangible, Empathy, Responsiveness, minaten_US
dc.titlePengaruh Standar Layanan Customer Service Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Antasari Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record