Analisis Marketing Syariah yang Berbasis Media Sosial dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Pada Toko Hoshy Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Andi Jamilah Nurul Hidayah, 2021. “Analisis Marketing Syariah yang Berbasis Media Sosial dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Pada Toko Hoshy Samarinda).” Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Angrum Pratiwi, M.E.I.
Latar belakang dari penelitian ini adalah menganalisis marketing syariah yang berbasis media sosial dalam menghadapi persaingan bisnis pada Toko Hoshy Samarinda. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan marketing syariah yang berbasis media sosial dalam menghadapi persaingan bisnis pada Toko Hoshy Samarinda
Penelitian ini tergolong dalam penelitian field research (penelitian lapangan) dengan metode penelitian analisa deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini bersifat data primer, yaitu melakukan pengambilan data langsung dari pihak owner Toko Hoshy dan lima orang konsumen Toko Hoshy dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Toko Hoshy dalam menerapkan karakteristik marketing syariah antara lain teitis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’yyah), dan humanitis (insaniyyah). Tak luput dari itu dalam menghadapi persaingan bisnis Toko Hoshy menggunakan metode online untuk mengembangkan bisnisnya yakni dengan merambah ke media sosial instagram dalam sistem penjualannya ditinjau dari segi produk, harga, tempat, proses, promosi, dan pelayanan.
Kata Kunci: Marketing Syariah, Media Sosial, dan Persaingan Bisnis.